ikut bergabung

Penuhi Hak Kesehatan Masyarakat, The-Za akan Gratiskan Iuran BPJS

Politik

Penuhi Hak Kesehatan Masyarakat, The-Za akan Gratiskan Iuran BPJS

MAKALE, UJUNGJARI.COM — Paslon nomor urut 1 Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg (The-Za), berkomitmen mewujudkan program BPJS Kesehatan Gratis kelas III, jika terpilih di Pilkada Tana Toraja, 9 Desember mendatang.

The-Za terinspiraai merancang  program ini setelah keliling sosialisasi dan menerima keluhan masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 membuat iuran BPJS menunggak.

Juru bicara milenial The-Za, Natania Orvala, menjelaskan, program BPJS Kesehatan Gratis khusus kelas III ini memang dibutuhkan masyarakat, sebab membayar iuran BPJS Kesehatan secara mandiri berat sehingga terpaksa menunggak.

Mengatasi fenomena ini perlu intervensi pemerintah untuk mengambil alih beban BPJS masyarakat.

Natania menjelaskan, dari 200 ribu lebih penduduk Tana Toraja, banyak yang sudah tercover dalam kepesertaan BPJS-PBI, yakni fakir miskin atau orang tidak mampu iurannya dibayarkan pemerintah.

“Khusus kelas III nantinya akan dibayarkan oleh pemerintah daerah, jika The-Za diberi mandat masyarakat Tana Toraja Bupati,” jelas Natania.

Kata Natania, APBD Tana Toraja saat ini mencapai Rp1,2 triliun lebih. Tentu, bukan perkara yang sulit jika hanya membayarkan iuran BPJS Kesehatan kelas III, yang besarnya hanya Rp 42 ribu per orang.

“Hanya sedikit sekali APBD yang tersedot, tinggal persoalannya kemauan Bupati dan Wakil Bupati melakukan,” terang Natania.

The-Za memiliki komitmen satu rupiah APBD harus dimaanfaatkan untuk kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat. Persoalan BPJS Kesehatan ini, tergantung itikad baik pemerintah karena tidak melanggar aturan.

“Gratiskan BPJS kelas III komitmen Paslon The-Za untuk mewujudkan masyarakat Tana Toraja nikmati fasilitas pemerintah. Ini bukan janji politik,” imbuh Natania. (agus)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top